Jakarta, CNN Indonesia

Puncak arus keberangkatan mudik Lebaran 2024 di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, diprediksi terjadi tanggal 5 April atau H-5 Idulfitri.

Petugas Stasiun Gambir, Firman mengatakan akan ada lebih dari 17 ribu penumpang yang melakukan keberangkatan pada Jumat (4/4). Jumlahnya juga masih fluktuatif dan berpotensi terjadi penambahan.

“Untuk perkiraan jumlah penumpang yang hendak berangkat itu berdasarkan grafik data yang kami punya paling banyak besok tanggal 5 April, ada 17.000 terus jumlahnya masih bisa bertambah,”¬†kata Firman saat ditemui CNNIndonesia.com di Stasiun Gambir, Kamis (4/4).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Setelah tanggal 5 April diperkirakan jumlah penumpang yang akan berangkat dari stasiun Gambir hingga tanggal 8 April akan stabil di angka 16.000 lebih per harinya.

Hari ini, kata Firman, terdapat 16.033 penumpang yang melakukan keberangkatan. Paling banyak ke daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta.

Dari pantauan CNNIndonesia.com pukul 10.00-14.00 WIB aktivitas penumpang di Stasiun Gambir terlihat cukup padat, namun tidak menunjukkan adanya penumpukan penumpang yang berarti.

Para penumpang terlihat menunggu di tempat duduk yang telah disediakan. Tidak sedikit juga yang menunggu di beberapa restoran dan kafe area stasiun.

Petugas gabungan baik pihak Security, TNI dan Kepolisian terlihat melakukan patroli beberapa kali. Bahkan terlihat polisi membawa dua anjing pelacak ketika melakukan patroli di dalam area stasiun.

Untuk area parkir motor maupun mobil stasiun cukup penuh. Tetapi masih terlihat banyaknya ruang parkir yang kosong. Beberapa mobil ambulans milik Pemprov DKI Jakarta juga terparkir dekat pintu masuk selatan stasiun.

Selain itu banyak minibus milik travel dan bus Damri yang keluar masuk Stasiun Gambir.  Proses naik turunnya penumpang kendaraan roda empat dan roda dua ke stasiun sendiri berlangsung dengan cepat, sehingga tidak menimbulkan kemacetan di sekitar stasiun.

Arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Timur depan Stasiun Gambir hingga pukul 14.00 juga terpantau lancar. Terlihat ada banyak bemo dan transportasi online yang terparkir di depan stasiun.

Meskipun begitu keberadaan mereka tidak menimbulkan hambatan. Ketika hendak mengantarkan penumpang, sirkulasi kendaraan juga lancar tanpa membuat pengendara lain terganggu.

(csp/isn)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *